5 wisata banyumas yang keren banget untuk dikunjungi


1.Lokawisata Baturaden (atau Baturaden)

Lokawisata baturaden terletak di sebelah selatan Gunung Slamet memiliki udara sejuk dan cenderung bertambah dingin di malam hari. Selain memiliki panorama alam yang cantik, Baturaden juga memiliki banyak legenda rakyat, salah satunya cerita lutung kasarung yang terkenal.

Baturraden dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun umum. Jarak dari kota Purwokerto sekitar 15 km dan dapat ditempuh dalam waktu 15 menit dengan lalu lintas yang tidak terlalu padat. Apabila ingin menggunakan kendaraan umum wisatawan dapat naik angkutan kota dari terminal di Purwokerto dan turun di terminal lokawisata Baturraden. Jika ingin lebih praktis wisatawan dapat menggunakan taksi. Jika memutuskan untuk menggunakan kendaraan pribadi, sebaiknya hati-hati karena jalan yang menanjak dengan kemiringan sekitar 30 derajat.


2.batur agung

Batur Agung adalah salah satu tempat wisata andalan di Purwokerto, Banyumas, Jawa Tengah yang beradalam satu paket bersama keindahan Baturraden.Taman tematik mini ini dibuat di sejumlah lokasi yang berdekatan dengan suasana dan pemandangan menarik.

Spot wisata batur agung

Flying fox adalah salah satu fasilitas yang dimiliki objek wisata terbaik di Banyumas. Wisata Batur Agung memiliki panjang lintasan sekitar 125 meter. Yang meluncur melewati kolam pancing dengan didampingi instrukturr berpengalaman dan besertifikat. Selain itu ada pula ATV, panjat jaring, dan permainan outbond.

Wisata ini memiliki kolam pemancingan yang lumayan luas. Kolam itu sangat rapi dan terawat cukup baik. Dengan berlatar keliling sawah terasering di perbukitan di kaki Gunung Slamet yang hijau nan elok. Jika tidak membawa peralatan pancing sendiri dari rumah, kita bisa menyewanya di tempat dengan harga sewa cukup murah.

Wisata Batur Agung bisa menjadi alternatif wisata bagi pejalan yang tengah berada di Purwokerto. Situs batur Agung memiliki beberapa buah air terjun, bendung peninggalan Jepang, serta dam dan pipa air peninggalan Belanda, yang bisa dibaca pada tulisan berikutnya.

Cara terbaik untuk berkunjung ke Wisata Batur Agung yakni menggunakan kendaraan sendiri, namun bisa juga dicapai dengan naik angkutan umum. Pengunjung bisa berangkat dari Terminal Purwokerto naik bus jurusan Ajibarang, turun di Karang Lewas lalu sambung angkutan pedesaan jurusan Desa Baseh Kedungbanteng.


3.Taman Miniatur Dunia Small World

Taman Miniatur Dunia atau Small World dibangun di Desa Ketenger, Kecamatan Baturaden, Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah. Di dalam taman ini kalian akan disuguhkan banyak bangunan terkenal di dunia dalam bentuk miniatur. Layaknya sedang berkeliling dunia, dalam sehari kalian bisa mengunjungi Menara Pisa dan Colosseum dari Italia, Menara Eiffel dari Prancis, Patung Liberty dari Amerika, Bunga Tulip dan Kincir Angin dari Belanda, Patung Merlion dari Singapura, Monas dari Indonesia, Piramida dari Mesir, Petronas Tower dari Malaysia dan masih banyak bangunan dunia lainnya. Menurut pengelolanya, baru ada 18 miniatur yang sudah dibangun dan rencana ke depannya akan ada pengembangan serta penambahan menjadi sekitar 30 miniatur.

Mengenai rute perjalanan, untuk mencapai Taman Miniatur Dunia ini menurut saya sangatlah mudah. Alamat lengkapnya sendiri berada di Jalan Raya Baturraden Barat Nomor 270, Desa Ketenger, Kecamatan Baturraden. Bagi kalian yang berada di Purwokerto dan sekitarnya bisa mengunakan jalur menuju Objek Wisata Baturraden. Supaya lebih mudah, rute perjalanan kalian bisa dimulai dari kampus BSI Purwokerto, menuju utara ke arah objek wisata Baturaden. Hingga nantinya kalian menemukan plang ke arah Curug Gede. Ambil kiri menuju desa wisata ketenger hingga mentok ketemu pertigaan. Lalu ambil kiri dan ikuti jalan menurun setidaknya ada 300 meter-an

Untuk masuk ke Taman Miniatur Dunia, kalian cukup merogoh kocek 15 ribu rupiah (hari biasa) dan 25 ribu rupiah (hari libur) per orang. Taman ini buka dari jam 7 pagi hingga jam 10 malam tiap hari Senin sampai Jumat. Untuk hari Sabtu dan Minggu buka dari jam 7 pagi hingga jam 12 malam.


4.curug bayan

Curug Bayan merupakan salah satu tempat wisata air yang cukup digemari untuk semua kalangan dan usia. Tempatnya yang dekat dan mudah dijangkau, murah, pilihan kedalaman air juga bisa dipilih sesuai umur dan di pisah relatif aman. Tak salah dijadikan salah satu tujuan wisata untuk keluarga. Berjarak sekitar 13 Km dan bisa ditempuh selama 30 menit dengan kendaraan santai.

Harga / Tarif Tiket masuk hanya  3 ribu per orang tentunya tergolong sangat murah dan kita bisa main sepuasnya. Bisa sekedar berendam, melatih anak renang atau main /mengenal air dan alam, hingga yang suka salto atau cliff jumping bisa bermain disini.

Lokasi Curug Bayan dekat dengan Lokawisata Baturraden, sekitar 2km ke bawah. Jika dari arah Baturraden turun setelah perempatan terminal ke bawah lagi ada pertigaan ketenger belok kanan, ada pertigaan belok kanan lagi dan belok kiri tidak sampai 1km sudah sampai lokasi Curug. Akses bisa dengan kendaraan besar seperti bus apalagi yang lebih kecil, ada tempat parkirnya juga.

Alamat : Desa wisata Ketenger, Kecamatan Baturraden, Banyumas


5.curug gede

Curug Gede memiliki ketinggian sekitar 50meter dengan kolam penampungan dibawahnya sekitar 25meter.  Curug ini berada di kawasan wisata Baturaden di Desa Ketenger.  Di desa ini memiliki 9 buah air terjun, dimana salah satunya adalah Curug Gede ini.
Curug ini berada di ketinggian +­­_ 1500 meter dpl dan juga dikelilingi oleh bukit.
untuk mencapai lokasi curug gede sangatlah berat, di karenakan jalan menuju curug gede sangat curam dan sangat berbahaya bagi anak anak, karena lokasinya berada di bawah lembah atau bukit.
curug gede merupakan curug terindah di bandingkan dengan curug-curug lainnya.
sangatlah berbahaya untuk berenang,
panorama di sekitar curug gede sangat menawan, air yang bening, kanan kiri bukit, serta tanaman dan batuan yang menghiasi air terjun gede begitu sangat sempurna.

Lokasi
Terletak di Desa Ketenger, Baturaden, Indonesia

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "5 wisata banyumas yang keren banget untuk dikunjungi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel