5 tempat wisata banjarnegara yang harus kalian kunjungi


Kabupaten Banjarnegara adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Ibukotanya namanya juga Banjarnegara. Kabupaten Banjarnegara terletak di antara 7° 12' - 7° 31' Lintang Selatan dan 109° 29' - 109° 45'50" Bujur Timur. Luas Wilayah Kabupaten Banjarnegara adalah 106.970,997 ha atau 3,10 % dari luas seluruh Wilayah Provinsi Jawa Tengah. Kabupaten banjarnegara berbatasan dengan Kabupaten Pekalongan dan Kabupaten Batang di Utara, Kabupaten Wonosobo di Timur, Kabupaten Kebumen di Selatan, dan Kabupaten Banyumas dan Kabupaten Purbalingga di Barat.
Kabupaten baanjarnegara mempunyai 5 tempat wisata yang harus kalian kunjungi yakni:

1.wadas tumpang

Wisata Wadas Tumpang Banjarnegara Jawa Tengah adalah salah satu tempat wisata yang berada di Desa Majalengka, Kecamatan Bawang, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Timur, Indonesia.
Keindahan wisata Wadas Tumpang Banjarnegara Jawa Tengah ini sangatlah baik bagi anda semua yang berada di dekat atau di kejauhan untuk merapat mengunjungi tempat wisata Wadas Tumpang di kota Banjarnegara.

Wadas Tumpang Banjarnegara merupakan objek wisata berupa gunung yang terbentuk karena dua batu yang bertumpukan dan dipeluk oleh pohon beringin yang berukuran besar dimana konon yang usianya sudah mencapai ratusan tahun. Aktivitas yang bisa dilakukan di lokasi ini adalah pendakian hingga ke puncang yang memiliki tinggi sekitar 20 m.

Lokasi wisata wadas tumbas terletak di Desa Majalengka, Kecamatan Bawang, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Timur, Indonesia.

2.Telaga dringo

Telaga Dringo atau Telaga Sidringo mungkin belum setenar obyek wisata Dieng lainnya seperti Gunung Prau, Bukit Sikunir, dan Telaga Warna. Telaga indah di Banjarnegara ini bisa dikatakan masih sepi dari pengunjung. Padahal obyek wisata ini tak kalah menarik dengan obyek wisata lainnya. Malahan Telaga Dringo disebut-sebut sebagai telaga tertinggi dan terindah se-Jawa Tengah. Berada di ketinggian 2.222 mdpl, Telaga Dringo menyuguhkan pemandangan alam yang sangat indah, asri, bebas polusi, dan tenang.

Telaga Dringo terjadi akibat letusan Gunung Sinila pada tahun 1786. Pada saat letusan, Gunung Sinila hancur dan menyisakan cekungan besar berupa kawah mati. Lama kelamaan terisi oleh air hujan dan mata air yang muncul di sekitar telaga. Dringo sendiri adalah tumbuhan yang tumbuh secara alami di dekat telaga yang kemudian menjadi nama Telaga Dringo.

Telaga Dringo terletak di sebelah barat daya Dataran Tinggi Dieng atau lebih tepatnya di Desa Pekasiran, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara. Lokasinya dekat dengan obyek wisata Sumur Jalatunda yang terkenal dengan mitos pengabul doanya. Telaga Dringo juga dekat dengan Kawah Candradimuka, tepatnya sesudah kawah. Jadi, sebelum sampai di Telaga ini kalian akan menjumpai Kawah Candradimuka. Sebuah kawah fenomenal di Dieng yang konon katanya adalah tempat Gatotkaca ditempa hingga menjadi ksatria kuat dengan julukan “Ksatria otot Kawat Tulang Besi”

3.kawah sikidang

Kawah Sikidang adalah kawah yang begitu popular dikunjungi lantaran paling gampang diraih. Lubang keluarnya gas di kawah ini senantiasa berpindah-pindah didalam satu lokasi luas. Dari sebagian kawah yang aktif, kawah sikidang adalah kawah yang aman untuk dikunjungi. Kawah ini terdapat tak jauh dari komplek candi arjuna dieng (1 km). Aroma belerang khas pegunungan dieng dan kegiatan kepundan yang begitu unik jadi rekan perjalanan ke wisata alam yang satu ini. Di lokasi kawah sikidang menyebar beragam pedagang sayur serta layanan wisata yang lain seperti photo segera jadi, naik kuda, sewa motor, atau sepeda di cocokkan dengan hasrat wisatawan yang bertandang ke tempat wisata kawah sikidang.

Kawah Sikidang terletak di Wisata Alam  Wisata Alam Pegunungan yakni Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah
Kode Pos: 53456

4.Surya yudha park

Surya Yudha Park Banjarnegara hadir memberikan kenyamanan, keceriaan, dan tantangan dalam satu tempat.  Sebagai destinasi wisata terpadu, Surya Yudha Park pilihan tepat untuk liburan individu, keluarga, komunitas, instansi, maupun korporasi.

Ada 3 wahana di surya yudha park yakni:

Water Park
kolam renang dengan berbagai ukuran dan kedalaman:
kolam renang prestasi, kolam arus, kolam ombak tsunami, kolam anak-anak, kolam lagoon dengan berbagai ukuran serta ketinggian water boom, dan kedalaman mulai 10 cm, 20 cm, 40 cm, 80 cm, dan 150 cm. Disediakan juga Kolam Terapi Ikan.

Outbond
Surya Yudha Park menyelenggarakan outbond, baik untuk anak-anak, remaja, hingga dewasa, dari tingkat fun (tanpa risiko), menengah, semi ekstrim, hingga ekstrim. Arena outbond seluas 17.000 meter dilengkapi flying fox terpanjang di Jawa. Panggung Spektakuler berukuran 14 x 16 m dan tribun penonton berkapasitas 5000 orang.

Lokasi wisata surya yudha park terletak  Jl. Raya Rejasa - Banjarnegara - 53482.

Rafting
menikmati arus sungai Serayu, salah satu sungai terbesar di Indonesia. Menelusuri lintasan sepanjang 10 KM selama 2-3 jam, kalian akan menikmati sensasi arum jeram yang mengasyikan.

5.serulingmas

Taman Rekreasi Margasatwa Serulingmas (TRMS) terdapat di Kelurahan Kutabanjar, Kecamatan Banjarnegara, Kabupaten Banjarnegara, Propinsi Jawa Tengah. Suatu taman yang awal mulanya adalah suatu rimba kota yang sudah dihijaukan sejak th. 1994. Taman yang diresmikan oleh Jenderal TNI (Purn) Susilo Sudarman (alm), saat masihlah menjabat Ketua Paguyuban Seruan Eling Banyumas (Serulingmas), pada 21 Agustus 1997.

Di taman tersebut hidup kian lebih 36 type hewan memamah biak, burung, serta binatang melata dan tanaman langka. Dua ekor gajah Sumatera, alumnus sekolah gajah Way Kambas, Lampung. Diluar itu ada juga harimau benggala, singa Afrika, serta seekor beruang.

Obyek wisata Taman Rekreasi Margasatwa Serulingmas tak jauh dari pusat kota Banjarnegara. Cuma sekitaran 2km ke arah barat, Taman yang ada di bantaran sungai Serayu, sungai sebagai sumber Pembangkit Listrik Tenaga Air Mrica di Kecamatan Bawang. Untuk hingga di tempat wisata ini begitu gampang dijangkau, akses jalan telah di bangun dengan baik serta angkutan umum juga ada.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "5 tempat wisata banjarnegara yang harus kalian kunjungi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel